Udara Bandung Makin Panas

Warga Bandung mengeluhkan suhu udara yang makin panas. Soraya, 25 tahun, mengungkapkan bahwa suhu udara di Bandung yang terasa panas terutama pada malam hari. Dia memperhatikan pembacaan termometer digital yang dipasang di dalam rumahnya di Jalan Buah Batu Bandung. Saat malam hari, suhu udara di dalam rumah pada sebulan terakhir selalu menembus angka 30 derajat Celcius. Ketika semua jendela rumah dibuka, suhu dalam kamarnya hanya turun satu derajat saja. Beberapa warga yang ditemui Tempo juga mengeluhkan hal serupa.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Balai Wilayah II Stasiun Geofisika Kelas I Kota Bandung, Henry Subakti, membenarkan adanya kecenderungan kenaikan suhu udara di Bandung yang dulu terkenal sejuk. “Bukan hanya perasaan saja, memang akhir-akhir ini semakin panas,” katanya.Dia mengungkpakan, bahwa temperatur udara di Kota Bandung mempunyai kecenderungan naik karena rata-rata suhu udara di Bandung sudah mencapai 31 derajat Celcius.

Dia membandingkan dengan catatan temperatur Kota Bandung pada 1952 yang belum pernah mencapai temperatur maksimal 30 derajat Celcius. Pada tahun itu temperatur udara maksimal hanya mencapai 28 derajat Celcius. “Di Bandung trennya naik dua derajat celcius dalam lima puluh tahun,” katanya. Menurutnya, kecenderungan kenaikan temperatur ini juga ditunjukkan di kota-kota lain. Dia mencontohkan, Kota Kupang yang temperatur maksimalnya sudah menembus angka 38 derajat Celcius. “Memang ada trend suhu muka bumi selalu naik, tidak hanya Bandung,” katanya. (Tempo Interaktif).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s