Hati-Hati Huni Hotel di Bandung

99% Hotel Berbintang tak Penuhi Persyaratan

BANDUNG, (PR).-
Hampir 99 % hotel berbintang diketahui tidak memiliki sertifikat kelaikan sehat hotel dan kelaikan alat pemadam. Oleh karena itu, karena mengabaikan persyaratan dasar tersebut, sedikitnya 150 hotel berbintang di Jawa Barat, harus diklasifikasi ulang.

Kepala Seksi Bidang Kelembagaan Pariwisata Subdin Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Drs. Wawan Irawan, Rabu (19/9) menyatakan, berdasarkan hasil kerja tim, yang terdiri dari Disbudpar Jabar, Biro Sarana Rekreasi, PHRI Jabar, dan PHRI kota/kab., dan Asesor Hotel, ditemukan fakta sekitar 150 hotel berbintang di Jabar tidak dilengkapi 10 persyaratan dasar untuk hotel kelas berbintang.

“Kami benar-benar dibuat kaget, hampir 99% hotel berbintang di Jabar tidak dilengkapi sertifikat kelaikan sehat hotel dari Dinkes atau sertifikat kelayakan listrik dan alat pemadam,” ujar Wawan.

Terhadap temuan di lapangan, tim masih memberikan toleransi agar pihak hotel melakukan koordinasi dengan instansi atau dinas terkait. Namun, tim tidak akan memberikan klasifikasi hotel berbintang kepada pengusaha hotel yang tidak memiliki surat izin usaha hotel, izin amdal atau UPL dan izin undang-undang gangguan.

Mengenai adanya penolakan sejumlah pengusaha hotel untuk diklasifikasi ulang, menurut Wawan, pihaknya tidak memaksakan. “Kami hanya melaksanakan peraturan dan mediator serta memfasilitasi pemberian klasifikasi kelas hotel. Jadi, jangan salahkan kami kalau hotel mereka tidak masuk daftar hotel dunia,” ujarnya.

Klasifikasi hotel berbintang di Jabar merupakan upaya penerapan SK Menbudpar No. KM. 3/HK.001/MKP.02 Tahun 2000. Namun, pelaksanaan Kepmen No. KM.3 itu baru dilaksanakan pada 2007 karena sejumlah kendala, salah satunya pelaksanaan otonomi daerah.

“Pemerintah daerah merasa lebih berhak mengeluarkan aturan sektor perhotelan dan restoran karena berhubungan dengan retribusi (pajak) sebagai pemasukan kas daerah,” kata Wawan. (A-87)***

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s