Walikota Bandung “Adu Domba” Warganya Sendiri

* TERKAIT PEMBANGUNAN PLTSa

Walikota Bandung Dada Rosada dinilai mengadu domba warganya sendiri terkait kengototannya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di kawasan Gedebage Bandung yang dekat dengan permukiman penduduk. Puluhan warga yang didominasi penghuni Kompleks Griya Cempaka Arum, Rabu (28/11), mendatangi petugas yang melakukan pengukuran, dikawal sejumlah polisi. Namun ternyata di lokasi sudah banyak warga lain yang mengaku dibayar untuk mendukung pembangunan PLTSa. “Abdi mah daek we kikieuan teh da dibayar,” kata seorang warga pro. “Aing mah keur dahar daek dititah kieu teh,” timpal warga pro lainnya.

Warga yang pro bahkan membawa sejumlah senjata tajam, seperti parang, dan tampak siap menyerang warga kontra. Dari pengakuan warga yan pro –warga kampung yang jauh dari lokasi rencana pembangunan PLTSa– sangat jelas, mereka dibayar entah berapa agar menandingi warga yang kontra. Ini artinya, walikota Bandung sudah mempraktekkan politik “devide et impera” ala penjajah Belanda.

Dapat dibayangkan, jika tidak ada polisi di lokasi, warga yang pro sewaan Walikota dan tampak “kurang intelek” itu menyerang warga yang memprotes pengukuran/kontra PLTSa dan akan jatuh korban. Artinya, ada tumbal bagi pembangunan PLTSa yang sebenarnya merupakan bentuk keputusasaan walikota dalam mengatasi masalah sampah di Kota Bandung. Digaji ku rakyat/negara, wayahna weh atuh Pak Dada mikir… mikir…. bongan hayang jadi walikota. Jangan mau enaknya aja… Hatur nuhun. (BN).*

2 thoughts on “Walikota Bandung “Adu Domba” Warganya Sendiri

  1. MEMANG BENAR MEDIA SAMPAH BISA JADI ENERGI ITU SUDAH TERUJI TAPI YG DICAPAI BERAPA WATT DAN BERAPA LAMA, SEBANDINGKAH BIAYA YANG DIKELUARKAN DENGAN ENERGI YANG DIPEROLEH.
    PRESENTASI BOLEH DIADU DENGAN RISET MAHASISWA JANGAN WARGA, TARUHANNYA NYAWA.
    EVALUASI, SEKARANG PEMBANGKIT ENERGI SUDAH MENGGUNAKAN NUKLIR KOK MENGAMBIL ALTERNATIF YANG TRADISIONAL.

  2. saya mau nnya dunx,,bnernya pembangkit listrk tenaga sampah(PLTSa) itu apa ya?
    mohon dijawab selengkap lengkap nya..
    juga dengan proses yang terjadi selama PLTSa ?
    trus hubungan PLTSa sama incinerator apa ya?
    mohon jawabanyaaa,,penting banget soale..
    kalo bisa jawabannya dikirim ke email saya sajaa..(vi_oly@yahoo.co.id)
    thxx..

    (*) Ringkasnya, PLTSa itu adalah pembakaran sampah untuk dijadikan energi listrik, tapi menurut para ahli lingkungan, membakar sampah itu menimbulkan dioksin atau gas beracun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitar. Insinerator itu artinya mesin pembakar sampah.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s