Golput di Jabar 20%

DIPATI UKUR,(GM)__Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Prof. Uwes Sanusi optimis angka golput di Jabar pada Pemilu Legislatif 2009 hanya 20%. Demikian disampaikan Uwes dalam seminar “Golput A Controversation” di Universitas Padjadjaran (Unpad), Jln. Dipati Ukur Bandung, Selasa (17/4).

Menurut Uwes, pada pemilu legislatif pada 2008 partisipasi masyarakat mencapai 80%. “Apalagi dengan adanya fatwa MUI, angka golput diharapkan bisa ditekan lagi,” katanya.

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, Prof. Dr. Salim Umar mengatakan, fatwa MUI tentang haram golput bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih. “Setelah MUI mengeluarkan fatwa, sekarang bergantung pada pribadi masing-masing. Yang jelas, kami mewajibkan memilih pemimpin yang jujur, amanah, aktif, dan aspiratif, mempunyai kemampuan (fatanah), serta memperjuangkan kepentingan umat,” ungkap Salim.

Sementara itu, di tengah pelaksanaan kampanye, KPU Kota Bandung memastikan tidak akan mencetak ulang surat suara untuk DPRD Kota Bandung terkait kerusakan surat di Daerah Pemilihan (Dapil) III Kota Bandung. KPU tetap menggunakan surat suara yang sudah ada, namun memperbaikinya terlebih dulu.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Bandung, Heri Sapari kepada “GM”, Selasa (17/3). Sebagaimana diberitakan, caleg PDIP memprotes perubahan nomor urut caleg di surat suara Dapil III. Surat suara di Dapil III jumlahnya mencapai 363.977 lembar ditambah 2%. Dapil III Kota Bandung meliputi wilayah Kec. Astanaanyar, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Bandung Kulon, dan Kec. Babakan Ciparay.

Dikatakan Heri, untuk melakukan cetak ulang kertas suara, dibutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit. Apalagi waktu pelaksaan pemilu semakin dekat. Karena itu, KPU hanya akan memperbaiki surat suara. Untuk memberikan pengertian kepada parpol, caleg, serta masyarakat, KPU akan mengadakan pertemuan, termasuk dengan media massa.

Sedangkan masalah yang membelit KPU Kab. Bandung Barat (KBB) adalah masalah keuangan. Ketua KPU KBB, Kunkunrat kepada “GM” di Sekretariat KPU Kab. Bandung Barat, Jalan Raya Purwakarta, Selasa (17/3), mengatakan, anggaran pelaksanaan pemilu baik yang berasal dari APBN sebesar Rp 35,5 miliar dan APBD KBB sebesar Rp 1 miliar belum bisa dicairkan.

Penyebab belum dapat dicairkannya APBN, lanjut Kunkunrat, terkait dengan terjadinya perubahan susunan pejabat di Sekretariat KPU KBB.

“Anggaran baru dapat dicairkan bila ada tanda tangan dari pejabat pembuat komitmen (PPK), dalam hal ini kepala subbagian maupun sekretaris sekretariat KPU. Sementara hingga sekarang pejabat yang ditempatkan di sekretariat KPU belum mendapat SK dari pusat maupun provinsi. Selama belum keluar SK, maka APBN tak dapat dicairkan,” paparnya.

Larangan

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan kampanye yang mulai berlangsung kemarin, Ketua DPRD Jabar, H.A.M. Ruslan melarang pimpinan dan anggota DPRD Jabar menggunakan fasilitas negara saat kampanye pada Pemilu Legislatif 2009. Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. 028/503-Set-DPRD tertanggal 12 Maret 2009 yang ditujukan kepada pimpinan alat kelengkapan dan ketua fraksi DPRD Jabar.

Kabag Humas dan Protokol DPRD Jabar, Eddy S. Holil kepada wartawan, Selasa (17/3), mengatakan, jika ada anggota masih menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye, masyarakat bisa melaporkannya kepada KPU dan panwas.

Larangan berkampanye juga disampaikan Wali Kota Cimahi, H.M. Itoc Tochija kepada PNS Pemkot Cimahi. Selain itu, Itoc meminta PNS bersikap netral.

“Mengingat sekarang sedang berlangsung kampanye Pemilu 2009, kita selaku PNS tidak diperkenankan ikut-ikutan kampanye. Sebaiknya kita juga bersikap netral terhadap semua parpol,” ujar Itoc di depan pejabat dan PNS Pemkot Cimahi di Lapangan Upacara Pemkot Cimahi, saat memberikan pembekalan bagi 573 PNS. (klik-galamedia.com).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s