Kekumuhan di MRJB Kewenangan Satpol PP

MASKUMAMBANG,(GM)– Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Jawa Barat (MRJB Jabar), Uu Rukmana menilai, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung tidak mampu menertibkan keruwetan dan kekumuhan di sekitar masjid tersebut dari pedagang kaki lima (PKL), pengemis, dan lainnya.

Pernyataan Uu itu disam-paikan kepada wartawan saat dihubungi di kantornya, Jln. Maskumambang Bandung, Selasa (17/3). Uu dimintai tanggapannya sehubungan dengan pernyataan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, K.H. Hafidz Utsman kepada Gubernur yang mengeluhkan kekumuhan MRJB.

“Satpol PP itu sudah tidak sanggup lagi mengatasi PKL yang berada di sana karena memang PKL bandel dan cenderung bersifat premanisme. Padahal urusan kenyamanan di lingkungan luar masjid itu ‘kan urusan Pemkot Bandung. Urusan internal masjid, baru itu urusan kita,” katanya.

Uu mengakui adanya kesan kumuh di MRJB. Menurutnya, kekumuhan itu karena banyaknya jemaah yang datang ke masjid. “Misalkan sudah dipel, tapi akibat banyaknya jemaah, jadi kotor lagi. Itu yang membuat sulit bagi kita untuk membersihkan masjid secara sempurna,” katanya.

Uu menjelaskan, kewenangan Badan Pengelola MJRB di antaranya mengurusi masalah fisik gedung, seperti pemeliharaan bangunan, listrik, dan penyediaan air. “Yang mengurusi jemaah masjid adalah dewan keluarga masjid (DKM) yang dibentuk lewat Surat Keputusan Gubernur Jabar. Jadi kami harapkan pemerintah juga membantu biaya pemeliharaan masjid ini,” kata Uu.

Sebelumnya diberitakan, Ketua MUI Jabar, K.H. Hafidz Utsman mengatakan bahwa masyarakat Jabar mengeluhkan kondisi MRJB yang kumuh dan tak nyaman bagi pengunjung akibat banyaknya pedagang dan pengemis. Keluhan tersebut disampaikan Hafidz saat bertemu dengan Gubernur Jabar di Gedung Sate, Senin (16/3).

Menanggapi hal ini, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan akan segera memperbaiki MRJB. “Kami akan segera memperbaiki masjid tersebut,” ujar Heryawan. (klik-galamedia.com).*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s