Bandung Segera Punya Pengadilan Tipikor

VIVAnews – Meski belum memiliki fasilitas selengkap di Gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Pengadilan Negeri Bandung siap menggelar pengadilan tipikor.

“Jika kita bandingkan dengan gedung pengadilan tipikor Jakarta, fasilitas kami memang belum sama. Tapi kalau untuk standar minimal menggelar sidang tipikor saya rasa kami sudah siap,” ujar Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Bandung Kresna Menon di Bandung, Rabu 20 Januari 2010.

Menurut Kresna, selama ini jumlah perkara korupsi di Kota Bandung cukup banyak dan harus diselesaikan melalui peradilan umum. Dari catatannya, tidak kurang dari enam perkara korupsi disidangkan dan sudah keluar vonisnya sepanjang tahun 2008. Jumlah ini meningkat pada tahun 2009 yaitu 13 perkara yang sudah disidangkan.

“Enam dari perkara itu sudah diputuskan, sedangkan tujuh perkara sisanya masih proses hingga kini,” kata Kresna.

Kresna menambahkan, pihaknya masih menunggu Keputusan Presiden (Kepres) yang menjadi peraturan lanjutan dari Undang-undang Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang disahkan pemerintah pada 29 Oktober lalu.

Sambil menunggu keluarnya Kepres, kata Kresna, pihaknya sudah melatih 12 hakim dari 24 hakim yang bertugas di PN Bandung.

“Selain itu kami juga masih menunggu hakim ad hoc yang saat ini masih melalui proses seleksi di Mahkamah Agung,” katanya.

Ketua Panitia Seleksi Hakim Ad Hoc Tipikor dari Mahkamah Agung Djoko Sarwoko mengatakan Bandung merupakan satu dari tujuh kota yang diprioritaskan untuk dibentuk pengadilan tipikor. Enam kota lainnya yaitu Medan, Palembang, Samarinda, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Namun kata Djoko, jumlah hakim tipikor memang belum ideal. “Untuk Bandung karena termasuk yang tinggi jumlah tipikornya, idealnya memiliki paling tidak 15 hakim karier dan 12 hakim ad hoc,” katanya. (VIVAnews)

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s