Rektor UIN SGD Bandung Didemo Mahasiswanya karena Dukung Pencapresan Suryadharma Ali

demo mahasiswa uin bandung ke rektorBandung – Puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung melakukan aksi di depan Gedung Rektorat UIN, Jalan AH Nasution, Jumat (28/3/2014). Mereka mengecam keras pernyataan Rektor Dedi Ismatuloh soal dukungan UIN Bandung kepada Suryadharma Ali sebagai capres pada Pemilu 2014.

Mahasiswa itu tergabung dalam Himpunan Aksi Mahasiswa Sunan Gunung Djati (Hamas). Dalam aksinya mereka membawa sejumlah spanduk dan juga keranda mayat. Massa juga sempat membakar ban.

Mahasiswa menyesalkan pernyataan rektor saat peresmian gedung kampus yang dilakukan oleh Suryadharma Ali pada Rabu, 26 Maret lalu. Saat itu rektor dalam sambutannya menyatakan bahwa UIN Bandung mendukung pencapresan Suryadharma Ali pada Pemilu 2014.

“Ini sudah mencederai idealisme serta independensi kampus UIN sebagai lembaga pendidikan. Sikap rektor ini tidak etis dan tidak pantas sebagai seorang pimpinan institusi akademik,” ujar korlap aksi seperti dikutip detik.com.

Sesuai peraturan pemerintah No 5 tahun 1999 yang diperbaharui dengan PP No 12 tahun 1999, lembaga negara dan PNS harus independen, barang siapa melanggar bisa diberhentikan secara tidak hormat.

Karena itu Hamas mendesak rektor untuk mundur dari jabatannya. Hamas juga meminta rektor meminta maaf pada civitas akademik serta mencabut pertanyatannya tersebut.

Massa mengakhir aksinya sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka mengancam akan kembali dengan massa yang lebih banyak apabila, tuntutan mereka tidak dipenuhi dalam 1×24 jam. Hingga saat ini, Rektor Dedi Ismatuloh belum bisa dikonfirmasi terkait aksi ini.

Kader PPP

Mahasiswa UIN Bandung kemungkinan lupa, bahwa rektor mereka adalah kader PPP pimpinan Suryadharma Ali. Sehingga wajarlah jika rektor mendukungnya! Dedddy adalah Anggota Majelis Pakar Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Berikut ini kutipan posting blogger di blogdetik.

Anggota Majelis Pakar Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Prof. DR. H. Deddy Ismatullah, SH,MH dilantik sebagai Rektor baru UIN SGD Bandung di Kantor Kemenag Jakarta, Rabu (23/11/2011). Ia dilantik oleh Menteri Agama RI yang juga Ketua Umum DPP PPP, Drs. H. Suryadharma Ali, M. Si.

Dedi Ismatullah menjadi rektor UIN Bandung periode 2011-2015 menggantikan Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir.Menurut Menag, kedudukan UIN SGD amat vital terutama dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi. “Tidak zamannya lagi membeda-bedakan antara perguruan tinggi umum dengan perguruan tinggi keislaman karena keduanya sama,” katanya seperti dikutip Pikiran Rakyat (24/11).

Dia berpesan agar rektor baru lebih memajukan UIN SGD sehingga menghasilkan lulusan yang menguasai bidang kajiannya dan berakhlak baik. “Lulusan UIN juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan sosial yang baik agar bisa menjadi agen perubahan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.*

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s